Ads Top

Model Bisnis di Internet


Ada banyak model bisnis di internet, dimana semua tujuannya adalah untuk menghasilkan uang dari internet. Sebelum masuk ke langkah ini, pastikan kamu sudah membaca Analisa Peluang Bisnis di Internet yang sudah saya tulis di artikel sebelumnya.

Agar kita bisa menghasilkan penghasilan dari internet, maka hal yang harus kita lakukan adalah melakukan bisnis online. Lalu apa saja langkah awal untuk memulai bisnis online? Sebelum itu kita perlu tahu apa saja model-model bisnis yang ada di internet. Berikut saya rangkum model bisnis apa saja yang bisa kita lakukan di internet:

Jualan Online, dimana penghasilan yang kita dapatkan adalah ketika kita berhasil menjual produk. Contoh misalnya kita menjual produk hijab dan gamis lewat marketplace seperti: tokopedia, bukalapak, shopee, atau kita menjualnya lewat sosial media seperti: facebook, instagram, twitter, whatsapp. Ketika kita sudah membuat lapak online kita lewat media tadi, maka akan ada banyak calon pelanggan yang melihat produk hijab dan gamis yang kita punya. Enaknya jualan online itu market kita tidak terbatas, sehingga peluang produk kita terjual semakin besar. Dan ketika produk kita berhasil terjual, dari situ kita mendapat penghasilan.

Jual Jasa Online, model bisnis ini hampir sama seperti jualan online, hanya saja yang membedakan adalah jenis produk yang dijual kali ini adalah jasa kita. Adapun jasa yang bisa kita jual secara online seperti: jasa pembuatan website, jasa pembuatan aplikasi desktop, jasa pembuatan aplikasi android, jasa pembuatan desain, jasa setting jaringan internet, jasa setting mikrotik, jasa import barang dari luar negeri, jasa pembayaran online (paypal, kartu kredit), jasa follower instagram, jasa memperbanyak subscriber youtube, jasa follower fasnpage facebook, jasa endors produk, jasa review produk, jasa edit foto, jasa edit video, jasa translator bahasa, jasa promosi oniline, dan masih banyak lagi jasa-jasa lainnya.

Jasa Advertising Online, kita bisa membuat sebuah website atau blog yang nantinya ini adalah media kita yang kita tawarkan ke orang yang mau pasang iklan di internet. Kuncinya adalah website atau blog kita sudah memiliki banyak pengunjung atau visitor, sehingga jumlah trafik ini yang kita tawarkan ke orang yang mau pasang iklan. Dengan harapan iklan yang mereka pasang di website atau blog kita bisa dilihat oleh semua orang yang mengunjungi website atau blog kita. Adapun penghasilan yang didapat dari model bisnis ini adalah dari uang yang dibayarkan dari para pengiklan, dimana jumlah nominalnya tergantung dari berapa lama iklan terpasang di website atau blog kita (misalkan harga sewa pasang iklan selama 1 minggu 50 ribu)

Iklan PPC (Pay Per Click), iklan model ini sama seperti iklan yang dibayar oleh Google Adsense. Jadi iklan yang dipasang di website atau blog kita akan dibayar dari berapa kali jumlah iklan tersebut diklik oleh pengunjung website atau blog kita. Adapun biaya per-kliknya tergantung dari kesepakatan, kalau Google Adsense biasanya ditentukan oleh pihak Googlenya. Misalkan kita ambil contoh biaya iklan per-kliknya adalah 100 rupiah. Dengan rata-rata per hari pengunjung website atau blog kita adalah 1000 pengunjung, maka jika 10% dari pengunjung melakukan klik iklan. Jadi jika kita hitung bayaran kita perari dari iklan tersebut adalah 10.000 rupiah per hari.

Freemium, model bisnis ini biasa digunakan oleh penyedia layanan (Google Drive) atau aplikasi (Google Play Store). Dalam model bisnis ini, kita sebagai pengguna ditawarkan 2 jenis layanan atau produk. Misalnya kita menggunakan layanan Google Drive, ketika kita mendaftar sebagai user biasa atau gratis kita akan diberikan space penyimpanan terbatas hanya 15GB. Namun jika kita membutuhkan penyimpanan lebih di Google Drive, maka kita harus bayar sesuai dengan ketentuan harga layanan yang ditawarkan oleh Google Drive. Jadi kesimpulan dari model bisnis ini uang yang dihasilkan adalah dari upgrade layanan yang digunakan oleh pengguna.

Affiliate Marketing, adalah model bisnis online dimana kita bertugas seperti sales marketing. Jadi disini kita bekerja sama dengan penyedia produk seperti: Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Amazon, eBuy, untuk membantu menawarkan dan menjualkan produk tersebut. Yang nantinya ketika kita berhasil menjualkan produknya, kita akan mendapatkan komisi dari penyedia produk. Jumlah komisi yang didapatkan tergantung dari ketentuan masing-masing penyedia produk. Tidak hanya produk, seorang Affiliate Marketing bisa memasarkan suatu layanan seperti layanan hosting, jasa pembuatan website, jasa pembuatan aplikasi, dan lainnya.

Menjual Produk Digital, produk yang dijual disini bukan produk fisik atau jasa, tapi produknya berbentuk digital seperti: eBook, template blogger, template website, foto, video, aplikasi, dan bisa juga menjual membership sebuah website. Jumlah keuntungan yang didapat dari model bisnis ini bisa 100%, karena produknya dibuat sekali namun dapat dijual berkali-kali. Contoh kita menjual sebuah eBook tutorial, dimana langkah awalnya kita harus buat dulu eBook tutorial yang banyak diminati oleh orang banyak, Setelah eBooknya jadi, kita tinggal jual secara online. Artinya disini kita hanya cukup 1x dalam proses pembuatan eBooknya, kemudian kita bisa jual berkali-kali ke orang yang berminat membeli eBook tersebut.

Kira-kira setelah teman-teman membaca rangkuman dari Model Binis di Internet ini, jadi langkah selanjutnya adalah menentukan model bisnis apa yang akan kita pilih untuk mendapatkan penghasilan dari internet.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.